malware





Sejarah perkembangan Malware
Sejarah perkembangan malware dari tahun ke tahun :
1.     Program pertama yang bisa menggandakan diri pada tahun 1949 dengan Teori Self Replicating
2.      Penyerangan pertama oleh virus komputer menyerang sistem operasi Apple 2 muncul dan menyebar melalui program-program game komputer bajakan di Texas pada tahun 1981.
3.      Fred Cohen menmberikan definisi baku bagi virus komputer pada tahun 1983.
4.      Basit dan Amjad pertama kali membuat birus boot sector dan menyerang PC (personal computer) pada tahun 1986. Di tahun ini juga pertama kalinya ada virus yang mampu menginfeksi file dengan nama VIrdem (virus demo) dibuat di Jerman.
5.      Pada tahun 1987 Virus Stoned dan Viena ditemukan. Virus stoned mampu menginfeksi MBR (master Boot record) dibuat oleh seorang pelajar di Universitas Wellington New Zealand, sedangkan virus Vienna dibuat oleh seorang pelajar menengah di Austria. Di tahun ini juga Universitas Hebrew Israel menemukan virus yang mampu menginfeksi dua jenis file  .COM dan .EXE, virus ini dinamakan virus Jerusalem dan virus ini masih terdapat kesalahan (bug) yang menyebabkan virus menginfeksi ulang (reinfection).
6.      Dark Avenger muncul sebagai virus dari Bulgaria dibuat oleh seseorang yang mengaku dirinya Dark Avenger. Virus ini merupakan virus merupakan virus yang menyerang antivirus. Pada tahun ini pula kemampuan stealth untuk virus yang menginfeksi file .EXE ditemukan. Virus ini dinamakan Frodo dan apabila virus ini berjalan setelah tanggal 22 september maka akan melakukan perusakan hardisk setiap tahunnya.
7.      Den Zuko merupakan virus pertamakali ditemukan di Indonesia pada tahun 1991, virus ini mempunyai dua varian. Virus ini dibuat oleh Denny Yanuar Ramadhani dari Bandung Indonesia, virus ini mampu menghapus (disenfect) disk yang telah terinfeksi oleh virus Brain. Pada tahun ini juga muncul virus yang bernama Tequilla yang mampu stealth, polymorphic, multipartition dan juga anti-antivirus.
8.      Pada tahun 1992, virus boot sector dengan nama Michelongelo mampu menginfeksi lebih dari lima juta komputer di seluruh dunia.VCL atau Virus Creation Laboratory muncul pertamakalinya. VCL merupakan tool kit yang mampu membuat virus secara langsung sehingga semua orang dapat membuat virus tanpa harus memiliki keahlian peprograman.
9.      Virus Pathogen muncul di Inggris pada tahun 1994. Virus ini mampu me-polymorphic, virus ini dibuat oleh seorang yang mengaku Black Baron dan kemudian pembuat virus ini berhasil ditangkap dan dipenjara.
10.  Virus makro yang mampu menginfeksi dokumen jenis Microsoft Word tercipta pada tahun 1995.
11.  Pada tahun 1996, virus makro tercipta yang menginfeksi file-file Microsoft office termasuk excel.
12.  Pada tahun 1997. Lebih dari 12000 virus tercipta di seluruh dunia.
13.  Pada Tahun 1998, Virus StrangeBrew mampu menginfeksi file Java yang pada saat itu Java merupakan platform yang bangga akan bebas virusnya. Pada tahun ini juga fua anak berumur belasan tahun dari California mampu membobol dan mengendalikan sekitar lebih dari 500 sistem komputer pemerintahan dan militer di Amerika.
14.   Virus dengan nama W97M/Melissa muncul pada tahun 1999, virus ini mampu menyebar dirinya melalui pesan elektronik (e-mail) dan berhasil menginfeksi lebih dari 1 juta komputer di seluruh dunia.virus CIH juga menyebar di Korea dan menyebabkan kerugian kurang lebih US $ 250 juta. Virus ini mampu merusak hardware dengan mengoverwrite BIOS.
15.  Virus yang mirip dengan virus Melissa dengan nama virus ILOVEYOU (love bug) muncul pada tahun 2000 dan menyebar melalui surat elektronik mampu menghapus beberapa file multimedia seperti MP3 dan MP2. Virus ini juga mampu mencuri informais penting korban yang terinfeksi dan mengirimkannya ke pembuatnya.
16.  Kerugian kurang lebih US $ 2.5 Milyar disebabkan oleh virus worm dengan nama CodeRed yang menginfeksi lebih dari 300.000 komputer di seluruh dunia pada tahun 2001.
17.  Pembuat virus W97M/Melissa dikurung dipenjara selama 20 bulan setelah tertangkap pada tahun 2002. Kemunculan Worm Bugbear dengan beraneka teknik infeksi dengan metode yang kompleks juga muncul pada tahun 2002. Di tahun ini juga lahir  Klez  dan worm Nimda yang merupakasn singkatan dari kata Admin.
18.  Worm dengan nama Slammer tercipta pada tahun 2003 dan memiliki kemampuan reproduksi dan penyebaram tercepat, lebih dari 75.000 komputer di seluruh dunia berhasil terinfeksi hanya dalam waktu sepuluh menit setelah pembuatannya dan memiliki kecepatan 8.5 detik/worm.

19.  Pada tahun 2004. Worm dengan nama MyDoom mengusai 30% bandwidth yang digunakan internauts (pengguna internet) di seluruh dunia dan merajai dunia pervirusan duni tingkat infeksi yang tinggi. Rating high risk didapatkan dari beberapa vendor antivirus untuk worm ini dan memiliki daya hancur yang hebat dari worm Sobig dan Welchia. Worm ini juga menyerang DDoS (Distributed Denial of Service) ke situs http://www.sco.com dan http://www.microsift.com dan juga memblok bebegapa situs antivirus.

Nama  : Farhan Alfaizi
NIM   : 202133109064238
Nama Dosen : Onno W. Purbo
Kampus : Surya University 

Comments

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat terimakasih kunjungannya, dan jangan lupa.!!! silahkan tinggalkan komentarnya ^^
<< komentarmu berikan sejarah buatmu.!!!,, juga buatku!! #hhe>>
jadi silahkan komentar ya ^^

Popular posts from this blog

contoh proposal lomba kreativitas dan seni antar pelajar se-priangan timur

contoh juklak juknis lomba se-Priangan timur

PSB PONPES ALKAUTSAR 2013/2014